Gak Disadari, 8 Makanan Enak Ini Bikin Badanmu Makin Melebar Lho

Saat diet, biasanya kita memilih makanan-makanan tertentu untuk mendukung program penurunan berat badan lebih cepat. Buah-buahan, sayur, yogurt adalah salah satu contoh makanan wajib orang-orang yang sedang diet. Tapi, ternyata masih banyak yang salah memilih makanan yang baik untuk menurunkan berat badan. Seperti beberapa makanan di bawah ini:

1. Sereal

Kebanyakan sereal dikonsumsi di pagi hari dan konon tidak berkalori tinggi. Bahkan, sebagian besar dipromosikan untuk program diet. Apakah ada keuntungan yang dapat diperoleh saat mengkonsumsi sereal? Sebenarnya, sereal rata-rata mengandung sekitar 37 gram gula, kurang lebih sama seperti 7 sendok gula. Artinya, hal ini sudah melebihi aturan yang direkomendasikan.

2. Yogurt

Yogurt juga salah satu produk yang digembor-gemborkan manjur untuk program diet. Beragam merek yogurt dijual di berbagai supermarket, yang sekaligus untuk program kesehatan. Namun, ternyata yogurt rata-rata mengandung 6 sendok teh gula.

3. Soft drink alias soda

Soft drink jadi minuman favorit saat rasa haus melanda. Namun, 10-15 menit setelah mengonsumsi soft drink, biasanya kita ingin minum dan makan lagi. Fyi, soft drink mengandung jumlah kalori yang berlebihan. Sebanyak 0,33 liter soft drink mengandung 8 sendok teh gula.

4. Nutella

Potongan roti tak lengkap tanpa olesan Nutella di dalamnya. Ketika melihat komposisinya, tertera kandungan kacang, bubuk cokelat, bubuk susu, vanilla, dan bubuk lainnya. Produk Nutella mengandung kalori tinggi, karena 70 persen dari komposisinya berlemak dan manis. Sekitar dua sendok teh Nutella mengandung 200 kalori dan 21 gram gula.

5. Minuman berenergi

Apa yang biasanya kamu lakukan saat ingin tidur tapi pekerjaan masih setumpuk? Kebanyakan orang akan menyarankan untuk mengonsumsi minuman berenergi. Bisa jadi benar minuman tersebut bisa meningkatkan produktivitas, tapi tidak layak diminum terlalu sering. Pasalnya, bisa meningkatkan jumlah gula dalam darah. Rata-rata jumlah gula di dalamnya sekitar 27 gram. Jadi, jangan minum terlalu sering ya.

6. Saus sambal

Kamu pasti tidak menyangka, saus sambal masuk dalam salah satu daftar ini. Yap, saus sambal juga mengandung gula yang tidak sedikit. Sebanyak 100 gram saus sambal rata-rata mengandung 20-30 gram gula. Hal ini tidak bisa dianggap remeh, mengingat seringnya kita mengonsumsi saus sambal.

7. Permen berlapis gula

Permen kemasan menjadi produk favorit sejak kecil. Bahkan, banyak dikonsumsi di berbagai kesempatan, seperti saat menunggu, ngantuk di kelas, dan lain-lain. Ternyata, permen mengandung gula yang cukup banyak. Sebanyak 100 gram permen mengandung 472 kalori. Sebanyak 45 gram permen ini mengandung kira-kira enam sendok teh gula.

8. Varian kopi

Sudah beberapa tahun terakhir, ngopi menjadi gaya hidup baru. Apalagi dengan adanya latte art dan varian yang begitu banyak. Tapi, tahukah kamu, sebanyak 20 gram paket kopi ini mengandung sekitar 70 kalori dan 10 gram gula.

Nah, mulai sekarang coba lebih perhatikan konsumsimu ya. Sesekali mengonsumsinya tak masalah, asal jangan keseringan supaya badan tetap ideal seperti targetmu.

Related posts