6 Cara Bagaimana Olahraga Bisa Membantu Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Kesehatan internal kita ternyata sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Olahraga dan makan makanan yang tepat, sangat penting untuk gaya hidup sehat. Mereka yang berolahraga secara teratur akan menyadari bahwa rambut mereka semakin sehat dari waktu ke waktu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini enam cara bagaimana olahraga bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambutmu!

1. Karena olahraga bisa meningkatkan kondisi kesehatan secara keseluruhan

Olahraga bermanfaat bagi seluruh tubuh karena memperkuat sistem kardiovaskularmu dan mengurangi risiko terkena beberapa kondisi medis yang mempengaruhi pertumbuhan rambut. Tubuh yang sehat itu berarti memiliki rambut sehat, kulit bersinar dan kuku yang kuat.

2. Karena olahraga dapat mengurangi stres

Olahraga dapat membantu mengurangi stres. Kondisi rambut kita juga dipengaruhi oleh stres. Ketika kita stres, tubuh kita menghasilkan hormon yang disebut kortison, yang menyebabkan rontoknya rambut. Ketika kita berolahraga, kita menghasilkan hormon serotonin, yang membantu mengurangi stres. Semakin kita tidak stres, semakin sehat rambut kita.

3. Dengan berolahraga, tubuhmu akan lebih mudah meregenerasi sel-selnya

Saat kita tidur, produksi sel-sel baru di dalam tubuh kita meningkat dan pemecahan protein yang lebih lambat terjadi. Rambut kita sebagian besar terdiri dari protein, yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sel. Olahraga teratur memastikan kita tidur lebih nyenyak, menuju pembaharuan sel yang lebih baik dan, tentu saja, meningkatkan kesehatan dan rambut secara menyeluruh.

4. Olahraga akan membuat folikel-folikel rambutmu ternutrisi

Setiap folikel rambut/akar memiliki pembuluh darah yang menyuburkannya dengan mensuplai oksigen dan semua nutrisi yang diperlukan. Nutrisi dan oksigen membantu pertumbuhan rambut. Olahraga akan meningkatkan aliran/sirkulasi darah dan suhu tubuh di dalam tubuh serta kulit kepala. Semakin banyak darah mengalir, semakin banyak nutrisi dan oksigen yang dipasok ke kulit kepala sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut.

5. Olahraga kardio sangat berpengaruh untuk kondisi rambut

Suhu tubuh dan kecepatan pompa darah melalui tubuh serta kulit kepala meningkat ketika seseorang melakukan latihan kardio, seperti aerobik atau berlari. Setengah jam kardio, dua hingga tiga kali seminggu, akan menghasilkan rambut yang sehat.

6. Yoga bisa membuat pertumbuhan rambutmu lebih baik

Yoga meningkatkan aliran darah ke tubuh dan kulit kepala, karena melibatkan lengkungan punggung dan pose terbalik. Karena itu bagus untuk pertumbuhan rambut. Sifat yoga yang menenangkan juga akan mengurangi tingkat stres.

Perlu dicatat bahwa melindungi rambut saat berolahraga itu juga penting. Kenakan beberapa alat pelindung untuk meminimalkan kontak rambut dengan keringat. Jangan lupa juga untuk mengikuti jadwal perawatan rambut yang sudah kamu tetapkan, agar rambut dan kulit kepala tetap terjaga dan bersih. Selamat memiliki rambut yang indah sekaligus tubuh yang sehat!

Related posts